Rabu, 20 Januari 2010

Profil Kabupaten Banyumas

Wilayah Banyumas memiliki luas wilayah keseluruhan 1.329,02 km, secara geografis terletak di 725'26.85"LS dan 10913'48.59"BT, Kabupaten Banyumas adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribukota di Purwokerto. Secara administratif terbagi menjadi 27 Kecamatan dan 331 Desa, wilayah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes di sebelah utara, Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen di sebelah timur, Kabupaten Cilacap disebelah selatan dan barat. Gunung Slamet Gunung tertinggi di Jawa Tengah terdapat di ujung utara wilayah Kabupaten ini, Banyumas merupakan bagian wilayah budaya banyumasan dimana budaya ini berada di bagian barat Jawa Tengah, bahasa yang dituturkan adalah bahasa Banyumasan yakni salah satu dialek bahasa Jawa yang cukup berbeda dengan dialek standar bahasa Jawa yang terkenal dengan ngapaknya.

Bumi dan alam wilayah Banyumas merupakan kawasan yang subur termasuk dataran rendah dan perbukitan yang merupakan bagian dari pegunungan Dieng dan Gunung Slamet, alam yang indah dan sejuk membuatnya sering dibanggakan antara lain sebagai daerah pertanian dan perkebunan plus hutan tropis. Banyumas ini berpredikat sebagai salah satu kawasan wisata terkenal di Jawa Tengah dengan tujuan antara lain Baturaden, Cilongok dan Kalibacin.

Selain itu, Banyumas ini dikenal sebagai kota pendidikan, sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta turut menambah kebanggaan daerah ini.Banyumas yang subur ini secara tidak langsung menjadi daerah penyangga bagi kabupaten Cilacap yang menjadi penngahsil padi terbesar di Jawa Tengah. Makanan khas Banyumas diantaranya adalah keripik tempe, mendoan, sate bebek tambak, sate Sokaraja, dage, dan getuk goreng Sokaraja. Banyumas juga pengahsil batik walaupun tidak setenar batik Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan. Batik Banyumas memiliki keunikan karena kedua sisi muka dan belakang mempunyai kualitas yang sama.


Sumber Data:
Jawa Tengah Dalam Angka 2007
(01-10-2007)
BPS Provinsi Jawa Tengah
Jl. Pahlawan 6, Semarang 50241
Telp (024) 8311242, 8412802
Fax (024) 8311195

Sumber :
http://regionalinvestment.com/newsipid/id/displayprofil.php?ia=3302

Tidak ada komentar:

Posting Komentar